Selasa, 20 Oktober 2020

PENERAPAN BLENDED LEARNING BERBASIS PORTAL RUMAH BELAJAR

 Halo sahabat semuanya.... 😊

Saya akan berbagi inovasi pembelajaran yang sudah saya terapkan selama PJJ ini.

InsyaAllah Inovasi ini merupakan salah satu solusi bagi kita/siswa yang mengalami keterbatasan dalam menggunakan HP android atau  internet.


Apa sih Blended Learning itu ?

Berdasarkan buku yang saya baca , yaitu di Buku panduan Pembelajaran inovatif yang diterbitkan oleh Pusdatin Kemendikbud. dapat disimpulkan bahwa :

" Blended learning merupakan perpaduan antara pembelajaran tatap muka langsung (online) dan tanpa tatap muka (offline)"

Bagaimana cara kita menerapkannya dalam pembelajaran ?

Yuk, ikuti sintaks Blended Learning  Berbasis Sumber Belajar dan Bank Soal dari Potral Rumah belajar

  1. Seeking Of Informatiion  (mencari dan membagikan informasi/materi
  2. Acqusition Of Information (mengelaborasi dan mengeksplorasi)
  3. Syntesizing of knowledge (Membuat kesimpulan)

 

Seeking Of Informatiion  (mencari dan membagikan informasi/materi)

Langkah-langkahnya:

  1. Guru mencari materi yang sesuai dengan tingkat sekolah, kelas dan mapel yang diampu dari  fitur Sumber Belajar secara asinkronius.
  2. Guru membagikan link konten yang sudah dipilih ke Peserta didik melalui kelas maya secara asinkronius
  3. Peserta didik  memperhatikan tampilan kontennya serta mencatat rumusan materi dan contoh soal ke dalam buku catatan

 

ad 2. Acqusition Of Information (mengelaborasi dan mengeksplorasi )

Langkah-langkahnya:

  1. Peserta didik berdiskusi mempertanyakan atau menanggapi materi yang sudah dilihat dan dicatat tersebut melalui forum diskusi yang ada di kelas Maya secara  asinkronius.
  2. Guru memberikan penguatan dari hasil diskusi  yang  ada dalam forum diskusi
  3. Guru mengirimkanSoal dari Bank soal Rumah Belajar dan disertai dengan  panduan dalam bentuk Screnshoot  tentang soal yang akan diselesaikan.
  4. Peserta didik mengerjakan soal latihan yang berasal dari bank soal dalam Portal rumah belajar.
  5. Peserta didik mengumpulakan latihan secara offline yang dikoordinir oleh salah seorang Peserta didik untuk diantar ke sekolah.

 

Ad3. Syntesizing of knowledge

     (Membuat kesimpulan) secara Sincronius.

    1. Guru mengirim Link meeting salah satu aplikasi Video Conference yang sudah dipersiapkan ke dalam Kelas maya
    2. Peserta didik bergabung dalam kegiatan tatap maya untuk menyampaikan hasil atau kesimpulan dari materi dan latihan yang sudah dipelajarinya.
    3. Peserta didik menjawab pertanyaan secara lisan yang diberikan secara bergantian
    4.   Peserta didik mendapat penguatan dari kesimpulan yang disampaikan
    5. Peserta didik mengerjakan soal kuis yang dikirim ke kelas maya dalam waktu  15 menit.
    6. Guru memngiatkan siswa untuk mempelajari materi pertemuan berikutnya.
Sebagai guru saya juga sudah menuangkannya dalam RPP inovatif yang sudah saya sediakan dalam link ini.


Semoga bermanfaat dan menginspirasi sahabat semuanya untuk selaulu berinovasi melalui portal rumah Belajar dan produk pusdatin Lainnya.
karena dari rumahBelajar kita  bisa "Belajar dimana Saja kapan saja, dengan siapa saja ...."

Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar

Untuk mengenal Rumah Belajar, yuk :

  • Akses di https://belajar. kemendikbud. go. id
  • Follow di Medsos Rumah Belajar melalui Facebook,  instagram,  twiter dan YouTube. 

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia

#MerdekaBelajar #NadiemMakarim #PembaTIK2020 #pembatiklevel4 #RumahBelajar #tributetohendriwidiatmoko #guruberbagi #gurupenggerak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMANFAATAN AKUN BELAJAR.ID DALAM PEMBELAJARAN

Mengapa kita wajib menggunakan Akun belajar.id ? Alasannya:  Akun Belajar.id sangat bermanfaat dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan banyak...