Sabtu, 07 Agustus 2021

Mudah Mengakses Data dengan Google Drive

 

Mudah Mengakses Data dengan Google  Drive

Masalah 

Saya mulai menggunakan Aplikasi yang diproduksi  Google mulai dari tahun 2009. Salah satu Aplikasi yang saya gunakan adalah Email. Penggunaan Email ini awalnya hanya untuk prasyarat pendaftaran Akun Facebook.  Saya baru memanfaatkan email ini untuk mengirim dan menerima Surat Resmi dari Dinas Pendidikan dan Kemdikbud serta aktivasi akun SIM PKB dan SMART PNS di tahun 2011. Berjalannya waktu saya mulai mengenal Google Drive  yang terintegrasi dengan gmail pada tahun 2016. Penggunaannya juga baru sebatas menyimpan beberapa data di Laptop. Semenjak ada pandemi Covid-19 yang membuat kita harus melaksanakan Pembelajaran jarak jauh  dari rumah. Maka sebagai seorang  guru saya menggunakan salah satu platform pembelajaran dari Google, yaitu Google Classroom. Saya mengajar enam kelas dan setiap anak mengirim tugasnya melalui classrooom. Hal ini menyebabkan Kapasitas Di Drive saya langsung penuh. Untuk mengatasinya saya terpaksa membuat gmail baru lagi  di setiap semester dan membuat Kelas baru dari Google Classroom. Saya mulai galau dengan banyaknya pasword dan email yang harus saya ingat. 


Dampak

Saya mengenal Akun Belajar.id dari Kemdikbud pada bulan Februari 2021 melalui pelatihan Google Workspace for Education yang dilaksanakan oleh peserta Google Master Trainer yang ada  di provinsi Riau secara daring via YouTube. Akun ini menjadi solusi bagi saya mengatasi penuhnya muatan Drive. Kelebihan lain yang bisa kita dapatkan dari penggunaan Akun Belajar.id ini antara lain;

  • Kapasitas  dalam Drive disediakan tanpa batas

  • Kita bisa mendapatkan semua produk google Workspace for Education di Laptop, tablet dan Handpon tanpa harus mendownload banyak aplikasi. Karena cukup dengan menggunakan gmail kita terintegrasi dengan aplikasi google lainnya.

  • Bisa berkolaborasi dalam berbagi data melalui Drive,

  • Bisa  Berkolaborasi dalam mengerjakan, mengedit dan mengomentari   beberapa file bersama di Google Dokumen, Google Slide dan  Google Sheet

  • Link Meeting langsung terintegrasi di dalam Google Classroom. Tanpa harus diseting  dalam aplikasi Google Meet


Solusi

Untuk memaksimalkan penggunaan akun belajar.id ini, maka kita harus mengikuti panduan penggunaan dari setiap produk Google Workspace Education. Panduan ini bisa didapat denga cara mengikuti Pelatihan Belajar  Di mana saja dengan Google Worspace for Education dan dapat juga diakses melalui internet Via penelusuran Pusat Bantuan google. Cara menggunakan Pusat  Bantua Google, yaitu:

  1. Ketikkan Pusat Bantuan Google  di dalam Omnibox atau klikl ink ini https://support.google.


  2. Buka salah satu produk yang ingin kita ketahui penggunaannya atau solusi  dari kendala yang kita alami. Misalnya Gmail, Drive, Gmail, Dokumen, Sheets, Slide,Sites, Group, Chat atau produk lainnya. Selain itu, juga bisa dilihat melalui Video dibawah ini :


    ini

  3. Ketik Kendala yang kita alami di dalam kotak penelusuran Apa yang bisa kami bantu, misal cara membuat share drive

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMANFAATAN AKUN BELAJAR.ID DALAM PEMBELAJARAN

Mengapa kita wajib menggunakan Akun belajar.id ? Alasannya:  Akun Belajar.id sangat bermanfaat dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan banyak...